Terungkap Sudah! Inilah RAHASIA Menanam LEMON Di POT Agar Berbuah LEBAT! Baca Selengkapnya

Lemon adalah buah yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Lemon sering juga digunakan sebagai bumbu pada masakan, minuman dan bahkan untuk berbagai keperluan lain selain urusan dapur. Karena manfaatnya yang begitu beragam, adabaiknya kita menanam sendiri di rumah. Jika tak ada lahan yang luas di rumah, tak perlu khawatir karena lemon juga dapat ditanam di pot. Hasilnya pun tak kalah dengan yang ditanam dilahan yang luas.


Berikut cara untuk menanam lemon di pot dan mendapatkan hasil yang melimpah

Pertama, Persiapan Bibit Jeruk Lemon

Jeruk lemon dapat diperbanyak dengan menggunakan biji ataupun dengan cara cangkok. Tapi, disarankan menggunakan cara mencangkon karena bibit akan mewarisi sifat unggul tanaman induknya dan waktu panennya lebih singkat.

Kedua, Persiapan Media Tanam Jeruk Lemon

Siapkan media tanam 3-6 hari sebulum penanam bibit lemon, pot tanam yang telah disiapkan disi dengan media tanam berupa campuran tanah top soil dengan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 2:1. Media tanam tersebut dimasukan dalam pot lalu diletakkan pada tempat terbuka.

Ketiga, Penanaman Jeruk Lemon Dalam Pot

Siapkan bibit yang telah berumur sekitar 4-5 bulan, kemudian lakukan penanaman. Lepaskan polybag bibit lalu letakkan bibit tepat di tengah pot, timbuin kembali dan padatkan. Setelah itu lakukan penyiraman secukupnya.

Keempat, Perawatan Tanaman Lemon Dalam Pot

Siram 2 kali sehari secara rutin hingga tanaman berumur 1-2 bulan karena itu merupakan fase kritis pertumbuhan.
Lakukan juga penyiangan pada tanaman pengganggu yang tumbuh disekitar tanaman di pot.

Kelima, Pemupukan Tanaman Jeruk Lemon Dalam Pot

Pupuk sebanyak 3 kali yaitu pada saat tanaman berumur sekitar 1 bulan, 6 bulan dan 1 tahun dengan menggunakan pupuk NPK. Dosis yang diberikan yaitu sekitar 5-10 gram/tanaman untuk tanaman yang berumur 1 bulan dan 15-20 gram/tanaman untuk tanaman yang berumur 6-12 bulan.

Keenam, Pemanenan Jeruk Lemon

Jeruk lemon dapat dipanen setelah berumur sekitar 2-3 tahun. Ciri jeruk lemon yang siap panen yaitu buah sudah berubah warna menjadi kuning cerah. 

Sumber: www.faunadanflora.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Terungkap Sudah! Inilah RAHASIA Menanam LEMON Di POT Agar Berbuah LEBAT! Baca Selengkapnya"

Posting Komentar